iLounge

7 Tipe Teman Saat Di Ruang Ujian

ANAKGUNDAR.COM 2017
Written by RahmaPradhita

ANAKGUNDAR.com, Kalimalang — Menjalani satu semester yang di penuhi oleh aktivitas perkuliahan yang padat, mulai dari tugas individu, tugas kelompok dan presentasi, membuat pikiran kita penat dan rasanya penginnnnn banget ngerasain yang namanya liburan. Mungkin ada yang berencana mau pergi ke luar kota sama keluarga? Atau mengunjungi tempat wisata hiburan terbaru bersama teman-teman? Semua pastinya punya rencana tersendiri untuk liburan dong ya.

Tapi eits, sabar dulu! Sebelum liburan semester tiba, kita harus melalui satu tahap lagi, nih, yaitu ujian tertulis. Di mulai dari Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Utama (UU).  Serangkaian ujian-ujian tersebut akan menentukan, nilai IPK kita kedepannya.

Ngomongin tentang ujian, selain membicarakan tentang lika-liku saat mengerjakannya, rasanya kurang lengkap, deh, kalau enggak membahas hal yang satu ini. Satu hal yang terkadang luput dari perhatian kita, yaitu…

Tipe-tipe teman saat berada di ruang ujian.

Iya. Ketika berada di ruang ujian, kita bakal menemukan tipe-tipe teman yang unik, dan hanya kita temukan saat ujian berlangsung. Mulai dari si tipe Durigelas, tipe Dupanas bahkan sampai tipe Tinderdela pun semuanya bakal kita bahas di sini. Penasaran enggak, sih, tipe teman-teman kita seperti apa saat berada di ruang ujian? Yuk, di simak! 

  • TARAPULAN (Datang Terakhir, Pulang Duluan)
ANAKGUNDAR.COM 2017

Siapa nih yang suka gini? Via: Rebloggy

Entah kenapa, antara bingung dan salut sama tipe teman seperti ini. Bayangin aja, kita aja yang dari tadi udah duduk manis di ruang ujian, kalah cepat ngerjainnya sama dia. Ibarat kata, nih, tipe teman seperti ini kayaknya udah tau banget jawabannya dari soal yang di ujikan. Jadi sekali dia baca soal, langsung deh tuh, dengan cepatnya, langsung di jawab semaua sama dia. Tapi masih penasaran. Apa memang dia tau jawabannya, apa sok tau ya ngejawabnya?

  • DUDIKABIN (Duduk Di Belakang Biar Aman)
ANAKGUNDAR.COM 2017

Emang aman sih. Via: Splitsider

Terkadang, ketika ujian, salah satu motivasi para mahasiswa dan mahasiswi datang lebih awal ke kampus, selain untuk melakukan sistem belajar kebut, tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan posisi tempat duduk yang strategis saat berada di dalam ruang ujian. Sepertinya, tempat duduk yang posisinya berada di belakang masih jadi tempat favorit. Entah untuk melancarkan aksi contek-menyontek, ataupun hanya sekedar tidur sejenak setelah selesai mengerjakan soal ujian. Mungkin di pemikiran tipe teman kita yang satu ini, pengawas tidak terlalu memperhatikan para mahasiswa/i yang posisi duduknya berada di belakang.

Tapi terkadang, ada loh beberapa pengawas yang sengaja duduk di belakang. Jadi buat tipe teman dudikabin, terkadang niatnya mau aman dari pengamatan pengawas, eh pengawasnya malah duduk  di belakang. Apes Day pokoknya.

  • DUPANAS (Duduk Depan Meja Pengawas)
ANAKGUNDAR.COM 2017

Yoi, keringetan day pokoknya. Via: Simpson Tv Show

Ada dua kemungkinan kenapa ada aja teman kita yang punya nyali besar duduk persis di depan meja pengawas. Pertama, memang dia sengaja duduk di depan biar enggak di contekin sama teman-teman yang lain. Kedua, mau enggak mau, suka enggak suka, duduknya harus di situ. Entah karena kalah cepat dapetin bangku yang posisinya ada di belakang, atau bangku yang tersisa cuma yang ada di depan meja pengawas ujian itu aja.

Untuk yang pernah kedapetan duduk persis di depan meja pengawas, mohon bersabar, ini ujian!!!

  • ALISPINASI (Alat Tulis Pinjam Sana Sini)
ANAKGUNDAR.COM 2017

Kurmod alias kurang modal. Via: Giphy

Eh lo ada pulpen, gak? Pinjem, dong. Tinta pulpen gue abis, nih”

“Pinjem pensil, dong. Pensil gue HB bukan 2B”

“Ada tip-ex? Gue salah nulis jawaban”

“Ada penghapus? Gue salah ngehitamin jawaban, nih”

“Ada rautan, gak? Pensil gue tumpul. Enggak enak buat nulisnya”

Pasti ada deh, salah satu temen kita, ketika berada di ruang ujian, segala pertanyaan tentang alat tulis pun mulai di tanyakan satu per satu kepada siapapun. Mulai dari pinjem pulpen, pensil, penghapus, tip-ex sampai rautan pun di mintain pinjam sama tipe teman Alispinasi.

  • DURIGELAS (Duduk Sendiri Hingga Kelas Sepi)
ANAKGUNDAR.COM 2017

Yoi. Tetep aja remed. Via: Everything Simpson

Apa karena saking susahnya soal, jadinya tipe teman Durigelas ini menjadi peserta ujian terakhir yang masih bertahan di ruangan. Bolak-balik soal ujian, tulis-hapus jawaban, bikin pengawas harus menunda sedikit keinginan pulang kerumah, demi menunggu selesainya teman kita yang satu ini. Biasanya kan, lima belas menit sebelum ujian berakhir, anak-anak kelas sudah pada sibuk megumpulkan kertas soal dan jawaban ke meja pengawas. Tapi beda dengan si tipe Durigelas. Dia masih asyik memandangi indahnya soal dan masih mencoba memantapkan hati, jawaban apa yang akan di pilih (kalau soalnya pilihan ganda) dan merangkai kata-kata yang sesuai dengan pertanyaan yang di tanyakan (kalau soalnya essay).

  • PACARAN ( Para Pencari Jawaban )

simpson 4

Sumber: nohomers.net

*ngomong sambil bisik-bisik*

“Eh, nomor 20 sama 21 jawabannya apa?”

“Nomor 35 jawabannya yang bener itu A apa B, sih? Bingung”

“Liat lembar jawabannya lo, dong!”

Kalau inimah enggak usah di pertanyakan lagi, pasti banyak banget di antara kita yang menjadi tipe yang satu ini. Terlebih lagi kalau soalnya susah banget, rasanya pengin ngasal aja ngisi jawabannya.

  • TINDERDELA (Tidak Mendengar dan Tidak Melihat)
ANAKGUNDAR.COM 2017

Temen yang kampret kalo ini mah sih. Via: Bitter Empire

Mungkin ini salah satu tipe teman yang paling di sebelin saat berada di ruang ujian. Di saat yang lain saling timbal-balik menanyakan dan memberikan jawaban, tipe Tinderdela yang satu ini kayaknya asyik dengan dunianya sendiri. Dia sepertinya benar-benar mengandalkan diri sendiri untuk menjawab semua soal ujian yang tersedia. Bahkan saking seriusnya mengerjakan soal, di panggil pun juga tidak bakal menyahut. Kalaupun pas di panggil dia nengok, jawaban yang di dapat adalah..

“Enggak tau, gue belum jawab”

*selang sepuluh menit kemudian, si tipe Tinderdela udah ngumpulin soal dan jawaban ke meja pengawas*

*gigit pensil*

ANAKGUNDAR.COM 2017

Yap. Ujian dulu ya! Via: Mang Gadget

Yap! Itu adalah tujuh tipe teman saat berada di ruang ujian. Menurut kalian, ada lagi enggak sih, tipe-tipe teman yang lain selain yang di jelaskan di atas? Kasih komentar kalian di bawah ya!

About the author

RahmaPradhita

Secangkir kopi dan suguhan senja

1 Comment

Leave a Comment

WordPress spam blocked by CleanTalk.