Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi dan UKM di Kampus


ANAKGUNDAR.COM 2017
Alasan Ikut Organisasi dan UKM di Kampus

ANAKGUNDAR.com, Depok – Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah yang memiliki tujuan yang sama. Di perkuliahan, banyak unit kegiatan mahasasiswa (UKM) dan organisasi yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minat dan bakatmu. Misalnya kamu suka membuat kegiatan-kegiatan organisasi, kamu bisa ikut BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) di kampus. Atau kamu suka bermain basket, kamupun bisa ikut UKM basket di kampus.

Saat ini banyak kampus yang memperbolehkan mahasiswanya untuk mendirikan organisasi maupun UKM, karena sadar pendidikan formal saja tidak cukup untuk mempersiapkankan mahasiswa kejenjang setelah perkuliahan, yaitu dunia kerja.

Perkuliahan tidak melulu tentang belajar di kelas. Banyak hal seru dan positif yang bisa kita lakukan di kampus, salah satunya adalah ikut organisasi dan ukm. Nah ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus masuk organisasi dan ukm di kampus, khususnya di kampus kita tercinta Universitas Gundarma.

  • Punya Teman Baru

Memang sih saat kita masuk kuliah, hal pertama yang akan kita dapat adalah teman baru dikelas. Tapi masa kamu cuma mau kenal sama yang dikelas doang? Dengan ikut organisasi atau ukm di kampus, kamu jadi bisa menemukan teman-teman baru yang sehobi atau punya pemikiran yang sama kayak kamu, sehingga kamu dapat memperluas koneksi pertemananmu. Siapa tahu dikemudian hari kamu bisa ngerjain project atau bikin bisnis bareng. Dan tidak sedikit juga lho ada yang mendapatkan gebetan atau pacar.

teman baru
Teman yang kadang sependeritaan. Via: pixabay.com
  • Mengasah Bakat

Ibarat pisau, jika tidak pernah diasah maka akan jadi menjadi tumpul dan tidak berguna, begitu pula dengan bakat kita. Berbeda dengan bibit bunga yang jika dipendam dalam tanah akan tumbuh, bakat yang hanya dipendam terus lama-lama akan jadi tidak berguna, namun dengan mengikuti organisasi kita dapat Mengasah bakat kita menjadi lebih baik lagi. Bukan tidak mungkin juga kita dapat membuat berprestasi yang membanggakan. Seperti orang-orang ini klik disini.

skill
Jurusan itu gak melulu sesuai passion. Via: pixabay.com
  • Menemukan Passion

Jika kamu belum menemukan bakat kamu dan bingung ingin melakukan apa? Maka ikut organisasi atau ukm adalah jawabannya. Coba aja organisasi atau ukm yang sesuai dengan minat kamu. Misalnya, kamu suka nyanyi dan teman-teman kamu bilang kalau suara kamu tiu bagus, nah daripada kamu Cuma nyanyi-nyanyi gak jelas dikamar mandi, kamu bisa ikut ukm paduan suara yang punya segudang prestasi di Gunadarma yaitu, PSM swara darmagita. Siapa tahu kamu punya bakat dalam bernyanyi dan bisa berprestasi. Nih rentetan prestasi yang telah diraih PSM swara darmagita.

guitar
Passion itu ujungnya suka beda sama jurusan. Via: pixabay.com
  • Menambah Pengalaman

Pengalaman adalah hal paling berharga yang akan kamu dapatkan ketika masuk kedalam suatu organisasi atau ukm. Banyak sekali pengalaman yang akan membentuk sikap dan mentalmu. Organisasi akan mengajarkan kita banyak hal, mulai dari manajemen waktu, menghargai pendapat orang lain, dan masih banyak lagi. Dan pengalaman-pengalaman seperti itu akan sangat membantu saat kita sudah memasuki dunia kerja.

workplace
Ini yang lebih penting. Via: pixabay.com

Nah itulah beberapa alasan mengapa kamu harus ikut organisasi dan ukm di kampus kamu. Semoga bisa menambah minat kamu untuk bisa berbabung dengan organisasi dan UKM kampus.

Previous 5 Penelitian Ekstrim Oleh Universitas di Dunia
Next Tips Biar Kamu Jadi Mahasiswa Tenar di Kampus

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *