iLounge

Daftar Kampus Swasta Termahal di Indonesia

AnakGundar.com 2016 "Berani Berkarya"

ANAKGUNDAR.com, Depok – Selain dari fasilitas dan nama kampus yang terkenal, biaya kuliah juga menjadi sebuah pertimbangan penting bagi para siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya. Begitupun gue, ketika itu biaya kuliah masuk pertimbangan buat tentuin kampus mana yang akan gue pilih.

Stigma yang hari ini ada di masyarakat luas adalah biaya kuliah di PTS pasti lebih mahal dari biaya kuliah di PTN. Hal ini memang gak salah-salah banget sih, sebab PTS punya kewenangan sendiri untuk menetapkan biaya kuliah, yang penting sesuai dengan PP No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, dan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Lalu, iseng-iseng gue pun mencari tahu lewat Google tentang PTS mana saja yang termasuk dalam PTS termahal di Indonesia. Soalnya, menurut gue, biaya kuliah di Gunadarma sudah cukup fantastis dan gue yakin masuk persaingan kampus dengan biaya termahal di Indonesia.

Gue pun menemukan sebuah blog yang memuat informasi tentang daftar PTS dengan biaya termahal. Apa yang dituliskan dalam blog tersebut sangat rapi, sebab kata mahal tersebut di kategorikan ke dalam 3 kategori, yaitu sangat mahal dengan kisaran minimal Rp100 juta atau lebih, cukup mahal (Rp80 juta-Rp100 juta), dan relatif mahal dengan rentang biaya terlalu jauh, yakni Rp50 juta-Rp100 juta.

Metode pemilihan kampus termahal ini pun berdasarkan pada beberapa kriteria, diantaranya asumsi total biaya selama 8-10 semester; merupakan program reguler, bukan kelas internasional; bukan biaya kuliah untuk program studi kedokteran, kedokteran gigi, maupun medis; hanya murni biaya pendidikan, belum termasuk sumbangan sukarela.

Pasti penasaran banget kan Gunadarma masuk atau engga ke dalam daftar PTS termahal yang ada di Indonesia? Nih, baca sampe bawah daftar kampus swasta dengan biaya kuliah termahal:

Kategori sangat mahal

  1. President University

Kampus yang berada di daerah Cikarang, Jawa Barat, ini merupakan kampus internasional kedua di Indonesia. Berdiri pada 2001, kampus ini mematok biaya perkuliahan sebesar Rp25 juta per semester. Jika dihitung, untuk mencapai gelar S-1, dibutuhkan biaya Rp250 juta.

AnakGundar.com 2016

President University Students. Via: jhanghiz.wordpress.com

  1. Swiss German University (SGU)

Berdiri pada 2000 lalu, SGU merupakan kampus bernuansa internasional pertama di Indonesia. Dengan suasana kompleks yang nyaman dan asri, kampus yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten, ini menetapkan biaya kuliah mulai dari Rp24 juta-Rp28 juta per semester. Jadi, untuk memperoleh gelar S-1, orangtua harus mengeluarkan dana sebesar Rp223 juta-Rp247 juta.

AnakGundar.com 2016

SG University. Via: best-collages.blogspot.com

Kehadiran tenaga pengajar asing dinilai menjadi salah satu faktor penyebab biaya kuliah di kampus swasta bertaraf Internasional ini mahal.

  1. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kampus yang berdiri sejak 1996 ini memiliki biaya rata-rata kuliah sebesar Rp9 juta-Rp15 juta tiap semester. Sementara, biaya yang harus dikeluarkan hingga meraih titel sarjana adalah sebesar Rp130 juta-Rp200 juta.

AnakGundar.com 2016

UPH Students. Via: sjmodi.wordpress.com

Harga mahal yang diterapkah UPH ini berbanding lurus dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari pusat olahraga seperti kolam renang, lintasan atletik, hingga pusat perbelanjaan tersedia di kampus yang berlokasi di Lippo Karawaci ini.

Kategori Cukup Mahal

  1. Universitas Ciputra (UC)

Meski terbilang baru berdiri, yakni pada 2006 lalu, universitas yang didirikan oleh Ir. Ciputra ini mematok harga yang cukup mahal untuk biaya perkuliahan terutama untuk kota seukuran Surabaya. Rata-rata biaya kuliah Rp9 juta-Rp16 juta. Sehingga untuk perkuliahan selama 8-10 semester, dibutuhkan Rp83 juta-Rp160 juta.

AnakGundar.com 2016

Kampus Ciputra. Via: www.pinterest.com

  1. Universitas Trisakti (Usakti)

Sejak berdiri 46 tahun lalu hingga 1998, Usakti menjadi kampus swasta favorit bagi calon mahasiswa baru. Namun, setelah 1998 dengan bermunculan kampus baru yang cukup banyak, peminat Usakti menjadi menurun. Trisakti memiliki biaya kuliah rata-rata Rp9 juta-Rp12 juta tiap semester. Sehingga untuk meraih S-1, harus mengeluarkan biaya sebesar Rp90 juta-Rp120 juta.

AnakGundar.com 2016

Kampus yang terkenal dengan tragedi 1998. Via: www.konsumenreview.com

Kategori Relatif Mahal

  1. Universitas Tarumanegara (Untar)

Kampus yang merupakan tetangga Usakti di Grogol, Jakarta Barat juga mematok biaya kuliah yang cukup mahal. Pasalnya, untuk biaya perkuliahan tiap semester, harus merogoh kocek sebesar Rp7 juta-Rp10 juta. Maka, untuk meraih gelar sarjana di kampus yang juga dimiliki oleh Ciputra, diperlukan biaya sebesar Rp65 juta-Rp120 juta.

AnakGundar.com 2016

Gedung Untar. Via: news.olshops.org

  1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Kampus yang terkenal dengan jurusan Teknologi Informasi ini mematok biaya kuliah sebesar Rp6 juta-Rp9 juta tiap semester. Biaya yang harus dikeluarkan selama 8-10 semester yakni Rp61 juta-Rp107 juta.

AnakGundar.com 2016

Binus dikala malam. Via: bola.inilah.com

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ)

Kampus yang berlokasi di Semanggi, Jakarta Selatan ini memiliki biaya kuliah yang relatif mahal. Sebab, teradapat program studi dengan biaya kuliah cukup murah, namun ada pula beberapa program studi dengan biaya yang cukup mahal.

Kampus yang menjadi favorit dalam jurusan psikologi ini memiliki rata-rata biaya kuliah Rp3 juta-Rp10 juta per semester. Sehingga, untuk meraih gelar sarjana pada kampus dengan jaket almamater berwarna oranye ini dibutuhkan Rp25 juta-Rp110 juta.

AnakGundar.com 2016

Gedung Atma Jaya. Via: marketeers.com

Ya, Universitas Gunadarma tidak masuk ke dalam kategori kampus termahal, tapi perlu dicatat bahwa data di atas diambil pada tahun 2011. Tahun dimana gue baru memulai kuliah. Memang pada tahun tersebut, gue akui bahwa biaya kuliah di Gunadarma sangat normal, biaya termahal masih di pegang sama jurusan TI, untuk Grade B ke bawah paling maksimal 8 juta. Itu udah termasuk biaya sumbangan pendidikan.

Biaya SKS untuk angkatan 2011 pun masih sebesar Rp100.000/SKS. Bahkan, biaya voucher UM pun waktu itu masih diangka Rp40.000. Jadi, diluar biaya sumbangan gedung, biaya kuliah di Gunadarma murah banget untuk kategori perguruan tinggi swasta.

Tapi bagaimana dengan sekarang? Gue banyak mendapat cerita dari maba-maba tentang biaya kuliah mereka. Gue pun tercengang sih. Dulu, biaya kuliah untuk jurusan Psikologi, Sastra, Akuntansi, dan Manajemen masih di bawah 6 juta. Jurusan-jurusan di luar FTI memang terbilang lebih murah. Bukannya gue merendahkan dan menilai jelek jurusan lain, tapi gue piker logis bangetlah biaya kuliah yang relatif murah untuk jurusan-jurusan itu.

Biaya kuliah di Gunadarma atau mungkin kampus swasta lainnya setiap tahun mengalami peningkatan beberapa persen. Melihat keadaan ini, gue sih jujur kasian banget sama junior-junior gue. Kenapa gue kasian? Sebab, gue sama sekali tidak melihat adanya perlakuan spesial untuk angkatan junior-junior gue itu. Jika merujuk kepada teori barang terhadap uang disebutkan bahwa semakin mahal suatu barang, maka kualitasnya pun semakin bagus.

Setiap hari ketika gue masih kuliah, gue selalu mencari faktor X yang jadi sebuah pembeda biaya kuliah antara angkatan gue dan angkatan junior-junior gue itu. Tapi sampe gue lulus, gue masih belum nemu. Soalnya, pas gue udah lulus pun fasilitas masih gitu-gitu aja. Mungkin belum kali ya? Suatu saat pihak kampus pasti memberikan faktor pembeda tersebut. Semoga aja.

Biaya kuliah di Gunadarma, kampus yang tidak masuk kategori PTS termahal aja mengalami peningkatan sejak tahun 2011. Apa kabar dengan kampus yang masuk dalam kategori mahal di atas ya? Kira-kira berapa biaya kuliah kampus-kampus tersebut di tahun ini? Luar biasa!

 

 

Referensi:

Margaret Puspitarini, “Inilah Kampus Swasta Termahal di Indonesia”, 30 Juli 2011, diakses pada 1 April 2016, http://news.okezone.com/read/2011/07/30/373/486189/inilah-kampus-swasta-termahal-di-indonesia

About the author

Felani Galih Prabawa

Travelouge

Leave a Comment

WordPress spam blocked by CleanTalk.