iLounge

Suka Duka Mahasiswa Kelas Karyawan/Malam di Gunadarma

ANAKGUNDAR.COM 2017
Written by Adam Rabbani

ANAKGUNDAR.com, Depok – Mahasiswa kelas karyawan atau malam memang tidak terlalu berbeda dengan mahasiswa kelas reguler di Gunadarma, selain dari aspek yang signifikan seperti jadwal kelas dan penampilan yang sedikit terlihat berbeda (untuk beberapa mahasiswa).

Pada artikel ini, penulis akan membahas tentang suka-duka mahasiswa kelas karyawan/malam yang tidak banyak orang ketahui berdasarkan riset dan pengalaman yang penulis alami kebetulan penulis juga adalah mahasiswa kelas karyawan atau biasa ngaku-ngaku mahasiswa kelas Manajer.

  • Suka Cita Kelas Karyawan

Kebanyakan dari Mahasiswa kelas karyawan/malam sudah memiliki pekerjaan sebelum mereka menjalani pendidikan di kampus tercinta. Walaupun beberapa ada yang belum bekerja tetapi memilih untuk menjalani kelas karyawan dengan alasan “supaya bisa kuliah sambil kerja”. Dan hal positif dari aspek ini adalah kebanyakan mahasiswa kelas malam sudah bisa menghasilkan uang sendiri dan tidak sedikit yang menggunakannya untuk membiayai kuliah di kampus tercinta. Penulis juga gitu soalnya. Hehe

ANAKGUNDAR.COM 2017

Belajar malam demi menolak mainstream. Via: HMTL ITS

Selain uang, hal positif lainnya adalah skill atau kemampuan. Mahasiswa tipe kelas karyawan sudah memiliki kemampuan dan wawasan dalam dunia kerja yang lebih dibandingkan dengan Mahasiswa kelas reguler, sebab anak malam ini sudah terjun langsung ke dunia kerja. Oleh sebab itu, presentase untuk diterima di dunia kerja lebih besar daripada mahasiswa kelas reguler.

  • Duka Cita Kelas Karyawan

Memang ada sisi positifnya menjalani bekerja sambil kuliah, tapi seperti halnya Yin dan Yang yang memiliki 2 sisi, jadi mahasiswa kelas malam juga gak selamanya bahagia. Selain disibukkan dengan kelas, tugas, paper, presentasi dan berbagai kegiatan perkuliahan pada umumnya, mahasiswa malam juga harus menjalani pekerjaan mereka yang tidak kalah sibuknya.

Bayangkan jika anda, pada pagi hari kena omelan dari atasan lalu pada sore-malam harinya harus mempresentasikan makalah dengan semangat dan senyuman lebar demi mendapatkan nilai yang baik dari Dosen. Perasaan yang campur aduk bukan? Mood yang seperti sedang menaiki roller coaster kadang diatas kadang dibawah meluncur dengan cepat ke arah yang berbeda setiap saatnya.

ANAKGUNDAR.COM 2017

Ngantuk itu sudah pasti. Via: WORLD OF BUSINESS

Untuk beberapa mahasiswa kelas malam, kadang juga dihadapkan dengan dilema, dimana sang mahasiswa harus memilih salah satu dari 2 pilihan yaitu Kuliah atau Kerja. Contoh kasusnya seperti ini, disuatu siang yang cerah, mahasiswa bernama R sudah mempersiapkan dengan matang untuk menjalani Kuis yang akan diadakan dosen pada sore menuju malam hari nya. Tetapi tiada angin tiada hujan, atasan mahasiswa R memintanya untuk lembur pada hari tersebut.

Sampailah pada saat dimana mahasiswa R harus memilih, ikut Kuis untuk IPK yang lebih baik tetapi citra akan menjadi buruk dimata atasan atau lembur demi memperbaiki citra di mata atasan dan komisi lembur yang bisa digunakan untuk tabungan menikah (loh??) tetapi IPK hampir bisa dipastikan turun.

Contoh yang lebih menyakitkannya lagi adalah dimana mahasiswa R tidak bisa mengikuti Ujian (UTS atau UAS) dikarenakan diperintahkan untuk lembur oleh atasan yang notabene jika tidak mengikuti ujian tersebut, mahasiswa R pada mata kuliah itu akan mendapat nilai E.

Memang sebelum mengambil keputusan, ada baiknya seseorang memperhitungkan baik dan buruknya keputusan tersebut. Penulis yakin mahasiswa kelas Karyawan/Malam sudah memperhitungkan baik dan buruknya menjalani kuliah sambil bekerja dan segala kemungkinan yang bisa terjadi sebelum memutuskan untuk mendaftar di kampus tercinta.

Dengan demikian, tujuan dari semua mahasiswa manapun reguler ataupun kelas Karyawan adalah untuk mencari ilmu demi mendapatkan masa depan yang lebih baik lagi,yang harus dicapai dengan melakukan yang terbaik demi mendapatkan tujuan yang ingin dicapai yaitu LULUS dengan nilai yang memuaskan.

Tetap semangat menjalani kegiatan perkuliahan di kampus tercinta walaupun rintangan selalu ada untuk mengganjal langkah kita untuk meraih masa depan yang lebih cemerlang.

ANAKGUNDAR.COM 2017

Salute!!! Via: BISNIS ADITRK 081317646525

About the author

Adam Rabbani

Leave a Comment

WordPress spam blocked by CleanTalk.